ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKAN

Membangun SDM Mahasiswa UG, Ini yang Dikatakan Presiden BEM

GORONTALO, sulutGO– Kampus merupakan sarana yang sangat mendukung mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada individu mahasiswa itu sendiri.

Persaingan di era millenial membuat mahasiswa dituntut keras untuk memperkaya khasanah keilmuan dan skill yang dimiliki setiap mahasiswa di Negeri ini khususnya mahasiswa di Universitas Gorontalo.

Kampus Universitas Gorontalo yang dikenal dikalangan aktivis sebagai kampus perjuangan, tentu harus mempersiapkan semua kebutuhan mahasiswa dalam menyambut era revolusi industri 4.0 atau era millenial.

Seperti diketahui, sebagaimana yang disampaikan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gorontalo (BEM-UG) Nurdin Wajipalu, mahasiswa semester akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yakni ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa UG untuk menghadapi persaingan global yang sudah di depan mata ini.

Presiden BEM-UG Nurdin Wajipalu mengaku, terkait beberapa hal yang harus disiapkan mahasiswa UG diantaranya, skill individu, penguasaan bahasa dan pengalaman organisasi.

“Pertama, skill individu, ini merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa untuk bisa membentengi diri dalam persaingan global ini. Karena yang nanti akan menjadi saingan kerja kita, bukan lagi sesama mahasiswa UG atau sesama masyarakat Gorontalo, tapi mereka yang berasal dari luar Gorontalo bahkan Manca Negara,” tuturnya.

Kedua, penguasaan bahasa adalah salah satu sarana komunikasi yang paling efektif dalam membangun tatanan sosial untuk bisa berteman dan bersahabat dengan siapa saja, maka mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai bahasa Nasional maupun bahasa Internasional yang benar.

“Ketiga, pengalaman organisasi, hal ini menjadi salah satu dari 3 point yang sangat dibutuhkan dalam menyambut persaingan global. Dengan bekal pengalaman organisasi ini, mahasiswa UG akan lebih maju satu langkah dari mahasiswa pada perguruan tinggi lainnya,” ungkap Nurdin.

Ia menambahkan, dari ketiga point ini, UG pada prinsipnya telah mempersiapkan itu semua. Sebut saja, kehadiran GET baik itu penguasaan bahasa Inggris maupun ilmu komputer, dan ini telah melatih kemampuan dan keterampilan mahasiswa diluar proses belajar mahasiswa di dalam kelas.

Kemudian terkait organisasi, lanjut Nurdin, menurutnya organisasi kemahasiswaan di UG adalah yang terbaik di Gorontalo, karena selalu melahirkan kader dan alumni yang beritegritas, intelektual dan berkualitas, sehingganya banyak kader dan alumni dari organisasi kemahasiswaan di UG, telah sukses di dunia kerja pasca mereka tamat dari dunia kahasiswaan.

Ia berharap, 3 point ini bisa dijalankan dengan maksimal dan dipertahankan dengan baik, karena dengan berpegang teguh pada 3 point ini, maka mahasiswa UG bisa bersaing dengan siapa saja yang menjadi saingan kerjanya, baik di tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close