ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKANSOSIAL POLITIK

Orasi Ilmiah Prof. Meimoon Ibrahim : Kepemimpinan Era 4.0

Dies Natalis Fekon UG Ke-33

KAMPUS, sulutGO– Orasi Ilmiah Prof. Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, SE.,MM dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Gorontalo (Fekon UG) ke-33, sangat menyita perhatian bagi kalangan akademisi, khususnya mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Auditorium UG, Selasa (8/10/19) itu, turut dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan DLP Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH beserta jajarannya, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Wakil Rektor 1 UG Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA, Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, MPA, Dekan Fekon Dr. Moh. Affan Suyanto, SE.,MM, Sekretaris IKA UG Manto Rahmola, SE.,M.Si, serta sejumlah pimpinan unit kerja dan lembaga di lingkup UG.

Revolusi industri terus bergulir, mulai dari industri 1.0 yang terjadi pada akhir abad ke-18 dengan ditemukannya produksi mekanis yang menggunakan tenaga air dan uap.

Dilanjutkan dengan industri 2.0 yang dimulai akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang disebut dengan fase pesatnya industrialisasi, dimana ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran, yang dalam penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang dan lain sebaginya.

Setelah itu industri 3.0 yang terjadi pada awal Tahun 1970 dengan penggunaan elektronik serta teknologi informasi berbasis komputer dan internet, hingga akhirnya kita berada di awal revolusi industri 4.0 (four point o) yaitu era digital disruption yang semakin merembes secara global. papar Prof. Meimoon

Prof. Meimoon mengatakan, sebelum selesai dengan pembahasan era revolusi 4.0, dimana Jepang pada awal januari 2019 telah meluncurkan era revolusi industri 5.0, sebagaimana karya ilmiah yang masuk pada nominasi special article di Jepang, dengan author Fukuyama (2018) yang menyatakan, jika pada saat yang sama dunia semakin menghadapi tantangan yang berskala global.

“Negara Jepang saat ini telah meluncurkan revolusi industri 5.0 pada awal januari 2019, melalui karya ilmiah yang masuk pada nominasi special article di Jepang, dimana dunia sekarang menghadapi tantangan global seperti menipisnya sumber daya alam, pemanasan global, tumbuhnya kesenjangan ekonomi, dan terorisme,” ujar Prof. Meimoon.

Prof. Meimoon menjelaskan, sekarang memasuki zaman yang penuh ketidakpastian, dengan kompleksitas yang levelnya semakin meningkat, oleh karena itu sangat penting untuk memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK) semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengetahuan yang baru, dan menciptakan nilai-nilai yang baru.

“Jadi, untuk menjawab ketidakpastian zaman yang kompleksitas levelnya semakin meningkat, sehingga kita perlu untuk memanfaatkan TIK dengan semaksimal mungkin, guna mendapatkan ilmu maupun pengetahuan baru, dengan membuat koneksitas antara orang dan benda serta antara dunia nyata dan dunia maya, sebagai cara efektif dalam mengatasi problem di masyarakat,” jelasnya.

Sehingga kata Prof. Meimoon, manajemen sumber daya manusia (SDM) menjadi bagian yang semakin penting diperhatikan, karena SDM merupakan suatu proses untuk menangani berbagai bentuk masalah dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, dan atau semua tenaga kerja yang memopang semua aktivitas organisasi, lembaga/institusi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Selanjutnya, keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan ditentukan oleh kepemimpinan (Leadership), dan salah satu faktor yang menentukan adalah gaya kepemimpinan yaitu perilaku yang digunakan seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahannya atau pengikutnya.

“Tentu, dalam mencapai keberhasilan suatu tujuan organisasi, tak lain harus memperhatikan kualitas SDM yang dimiliki, begitupun dengan gaya kepeminpinan, yang semestinya seorang pemimpin harus memperlihatkan perilaku yang baik kepada yang dipimpinnya, agar siapa saja yang menjadi bawahannya atau pengikutnya, akan memperlihatkan kinerja yang baik pula,” tandasnya. (hmsug)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: