ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKAN

Rektor UG: Dosen Harus Rajin Menulis Karya Ilmiah

KAMPUS, sulutGO– Rektor Universitas Gorontalo (UG) Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH berharap dosen di lingkup UG dapat lebih sering berbagi ilmu melalui tulisan di berbagai jurnal ilmiah serta di media massa.

Menurutnya, melalui publikasi hasil kajian, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen ke berbagai jurnal ilmiah dan media massa, akan sangat meningkatkan secara signifikan citra para dosen dan tentunya citra UG di masyarakat akademik maupun masyarakat umum.

“Secara umum setiap dosen memiliki kemampuan yang baik untuk menulis, termasuk menulis karya ilmiah populer di media massa. Hanya saja mereka banyak yang belum mau untuk menulis ke media massa,” tutur Ibrahim.

Lain halnya, untuk menulis di jurnal ilmiah yang memang sebagai kewajiban mutlak mereka atas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Alhamdulillah antusias para dosen di UG sudah sangat tinggi karena ini kewajiban,” ujarnya.

Lebih lanjut Ibrahim mengatakan, bagi dosen yang belum pernah menulis untuk media massa, akan lebih baik kalau mereka mempelajari beberapa kaidah tulisan ilmiah populer.

“Agar tulisan ilmiah populer dosen dapat dimuat di media massa, dosen harus sering membaca, memiliki kemauan dan kemampuan serta melakukan action. Untuk bisa sukses menjadi penulis artikel ilmiah populer maka dosen harus berkarya dulu dengan banyak menulis di berbagai media masa baru bisa mendapatkan pengakuan dari masyarakat atas hasil karya dosen tersebut,” tutur Ibrahim. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: