BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESPENDIDIKANSULAWESI UTARA

SDN 1 Sangkub Disegel, Ini Penjelasan Kadis Dikbud

BOLMUT, sulutGO – Gerbang Sekolah Dasar (SD) Negara 1 Sangkub 2, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Disegel oleh penggugat/ahli waris lahan tersebut, Senin 25 November 2019, tepatnya di hari Guru Nasional.

Penyegelan sekolah dasar ini merupakan buntut dari permasalahan lahan yang tak kunjung selesai. Akibatnya, ratusan siswa SD belajar di bawah pohon.

“Jadi, memang mereka sudah tidak mau lagi membuka itu, cuma torang punya alternatif mo pindah sementara di SMP. Saat ini, Anak-anak belajar ada di balai desa, dan di bawah pohon depan sekolah,” Ungkap Sulha Mokodompis, Kadis Dikbud Bolmut, saat bersua dengan wartawan sulutgoonline.com sebelum mengikuti Pembahasan RAPBD 2020, di Gedung DPRD Bolmut, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, Sulha mengatakan ketika kita melihat langsung praktek belajar mengajar tentu akan prihatin atas hal ini.

“Barlah mereka belajar disitu supaya dorang liat, ternyata kasiang bahwa anak-anak ini perlu perhatian,” Ucapnya.

Diakui Kadis Dikbud Bolmut, bahwa sebelumnya memang pihak ahli waris lahan pernah meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut membayar ganti rugi lahan Sekolah Dasar tersebut, namun terkendala surat tanah. Karena Appraisal/Tim Penilai harga tanah khusus yang akan dibangun infrastruktur oleh pemerintah atau untuk kepentingan umum memerlukan penilaian tersendiri.

“Kalau lalu itu katanya 3 Miliar, Dulu Pemda mau bayar, tapi masih terkendala dengan sertifikat lahan, tim appraisal meminta itu. Pemda sendiri tidak mau keluarkan uang yang tidak sesuai aturan,” Ungkapnya.

Menurut Sulha, unsur keluarga mengetahui bahwa dalam putusan Pengadilan Negeri pihak penggugat menang. Padahal masih dalam proses karena pertimbangan sekolah. Dengan begitu, Pemda sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Kotamobagu.

“Jadi, kurang mo tunggu sebentar dari pengadilan itu bagaimana, kalau memang so tidak boleh gunakan maka torang cuma mo minta mobolier yang ada didalam sekolah itu,” Tutupnya. (Dolvin) 

Tampak siswa-siswi SDN 1 Sangkub berada di Depan Sekolahnya

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: