ADVETORIALBERITAGORONTALOKESEHATANPENDIDIKAN

Selangkah Lagi, Fakultas Kedokteran UNG Terbentuk

Idris Rahim : Keberadaan Fakultas Kedokteran UNG akan sejalan program unggulan Pemprov Gorontalo yaitu di bidang pendidikan dan kesehatan

GORONTALO, sulutGO – Selangkah lagi, pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan terealisasi. Kepastian itu terungkap pada pertemuan Tim Visitasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama jajaran UNG.

Tim Visitasi Kemenristekdikti terdiri dari unsur Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Asosiasi Institut Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes).

Pertemuan turut dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Hi. Idris Rahim, Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, serta sejumlah calon dosen Fakultas Kedokteran UNG di gedung Rektorat UNG, Rabu (09/01/2019).

Kepada Tim Visitasi Wagub Idris Rahim mengatakan, kehadiran Fakultas Kedokteran UNG merupakan tuntutan kebutuhan yang sangat dinantikan oleh pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo. Idris Rahim menuturkan, keberadaan Fakultas Kedokteran ini akan sangat mendukung visi Pemprov Gorontalo untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera.

“Keberadaan Fakultas Kedokteran ini sejalan dengan dua dari delapan program unggulan Pemprov Gorontalo yaitu di bidang pendidikan dan kesehatan. Fakultas Kedokteran ini diharapkan akan mendorong peningkatan sumber daya manusia di sektor kesehatan, sekaligus juga menjadi penggerak perekonomian Gorontalo,” ujarnya.

Ketua Tim Visitasi Kemenristekdikti, Endang Taryono menjelaskan, visitasi bertujuan untuk melakukan evaluasi lapangan terhadap usul pembukaan Fakultas Kedokteran UNG. Evaluasi tersebut dilakukan dengan mewawancarai calon dosen Fakultas Kedokteran UNG, pengecekan laboratorium dan infrastruktur pendukung lainnya, serta pengecekan rumah sakit pendidikan yang akan menjadi tempat praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran UNG.

“Kita akan mewawancarai calon dosen, kemudian kita juga akan melihat laboratorium dan infrastruktur lainnya, memeriksa berkas termasuk kurikulum, serta kunjungan ke rumah sakit pendidikan. Dari kunjungan ini nanti ada catatan-catatan yang menjadi rekomendasi kami dan beberapa pakta integritas yang harus disiapkan UNG dalam rangka pendirian Fakultas Kedokteran,” jelas Endang Taryono. (Rls/Oi)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close