ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKAN

Tingkatkan Metode Pembelajaran, FKM UG Giat Praktikum Laboratorium

GORONTALO, sulutGO– Praktikum pada perguruan tinggi merupakan suatu pembelajaran kepada mahasiswa untuk melakukan eksperimen atau percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari.

Praktikum memiliki kelebihan tersendiri dengan metode pembelajaran yang lainnya, dimana mahasiswa langsung memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam melakukan praktikum.

Kegiatan praktikum juga dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa baik secara individu maupun kelompok, mahasiswa belajar berfikir melalui prinsip-prinsip metode ilmiah atau belajar mempraktekan prosedur kerja berdasarkan metode ilmiah.

Seperti diketahui, sama halnya yang diprogramkan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM-UG), dengan melaksanakan kegiatan praktikum laboratorium kepada mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, di Gedung Laboratorium FKM-UG, Selasa (8/1/19).

Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM-UG Ririn Pakaya, SKM.,M.PH mengaku, pembelajaran dengan praktikum laboratorium sangat efektif untuk mencapai seluruh ranah pengetahuan secara bersamaan dengan tujuan, agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah diperoleh diperkuliahan dalam praktek laboratorium dan dunia kerja.

“Praktikum yang dilaksanakan mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat diantaranya, pertama, Praktikum Analisis Kualitas Lingkungan terkait identifikasi larva, analisis kualitas air dan pembuatan pupuk kompos,” jelas Ririn.

Kedua, Praktikum Kesehatan dan Keselamatan Kerja terkait analisis kebisingan, kelembaban dan suhu ruang serta analisis pencahayaan.

Ketiga, Praktikum Dasar Kesehatan Lingkungan terkait identifikasi vektor penyakit nyamuk, lalat dan tikus serta membuat pestisida alami).

“Adapun manfaat dari kegiatan praktikum laboratorium ini yaitu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kesehatan masyarakat dan pencegahan penyakit,” terangnya.

Dengan harapan, mahasiswa memiliki kompetensi terkait keilmuan kesehatan masyarakat khususnya dalam pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan serta mahasiswa nantinya mampu bersaing dalam dunia kerja atau industri. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close