ADVETORIALGORONTALOKAMPUSPENDIDIKAN

UG-Pemda Bonebol, Gelar Semnas Pengelolaan BUMDES

GORONTALO, sulutGo- Universitas Gorontalo (UG) kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Bone Bolango Provinsi Gorontalo menggelar Seminar Nasional (Semnas) dengan tema “Aset BUMDES Dalam Perspektif Hukum dan Keuangan Negara” yang berlangsung di Gedung Auditorium Bone Bolango, Sabtu (13/4/19).

Turut hadir Bupati Bone Bolango Mamim Pou, S.Kom.,MH, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Tokoh Nasional Rachmad Gobel, dan diikuti ratusan peserta dari unsur perangkat desa, pengelola BUMDES serta umum.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber diantaranya, Prof. Dr. Rahayu Hartini, SH.,M.Si, M.Hum selaku guru besar dagang dan kepailitan Universitas Muhammadiyah Malang, Kejati Gorontalo Dr. Firdaus Dewilmar, SH.,MH, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, S.Kom.,MH, dan BPK RI perwakilan Gorontalo Radhityo Fitran Her Rengga Wardhana, SE.Ak.,CFE.

Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH dalam sambutannya menyampaikan, BUMDES merupakan badan usaha bersama yang dikelola masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan, dimana salah satu fungsi BUMDES yakni untuk memperkuat perekonomian desa dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. 

“Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perekonomian desa, maka harus dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa itu sendiri, sehingga BUMDES dapat berperan memfasilitasi pengolahan potensi di desa,” tutur Ibrahim.

Selanjutnya, kata dia, BUMDES sebagai upaya untuk memberikan wadah kepada masyarakat untuk kreatif dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta merupakan salah satu sumber pendapatan asli desa. 

“Kerangka dasar pembangunan kawasan pedesaan adalah memperluas skala ekonomi dengan memproduksi komoditas unggulan desa, serta melakukan kolaborasi antar desa dalam pembangunan kawasan pedesaan,” terang Ibrahim.

Sementara itu, ketua panitia semnas Agustina A. Bilondatu, SHI.,MH mengungkapkan, bahwa dasar dari pelaksanaan seminar nasional yaitu, dimana ini merupakan implementasi dari MoU antara UG dengan Pemda Bone Bolango yang tengah direncanakan kedepannya.

“Dimana pemerintah memiliki kewajiban untuk mendorong sekaligus memberikan fasilitas edukasi kepada masyarakat, dan juga bagi perguruan tinggi UG, dimana hal ini merupakan bagian dari perwujudan tridharma perguruan tinggi itu sendiri,” jelas Agustina.

Dengan harapan, melalui kegiatan ini dimana perangkat desa dan pengelola BUMDES mampu memahami hukum secara komprehensif dan mampu melihat potensi desa untuk dijadikan peluang usaha BUMDES serta mampu mengaplikasikan sistem keuangan berbasis akuntan. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close