ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKAN

Workshop Entrepreneurship, Kenalkan Wirausaha Kreatif dan Inovatif Kepada Mahasiswa

GORONTALO, sulutGO- Guna menumbuhkan jiwa Entrepreneurship mahasiswa, Universitas Gorontalo (UG) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UG, menggelar kegiatan Workshop Entrepreneurship, dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Menjadi Kreatif, Inovatif dan Mandiri Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0”, bertempat di Gedung Auditorium UG, Kamis (11/4/19).

Turut hadir Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA, dimana diikuti ratusan mahasiswa UG sebagai pesertanya.

Narasumber dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperindag Provinsi Gorontalo Lila R. Laya, ST.,M.Sc dan Yunan Harahap, SE selaku pelaku UMKM.

Dalam sambutannya, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan BEM UG diawal kepengurusan, dimana kegiatan workshop entrepreneurship sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

“Kami selaku pimpinan perguruan tinggi selalu mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, apalagi yang berhubungan langsung dengan pengembangan ilmu pengetahuan serta keterampilan mahasiswa dibidang wirausaha, sehingga setelah lulus nanti alumni-alumni UG sudah memiliki pengalaman khusus yang menjadi bekal ketika menempati posisi-posisi strategis di dunia pekerjaan dan usaha,” imbuh Ibrahim.

Ibrahim juga mengatakan, saat ini UG sedang melakukan penyesuaian kurikulum, dimana ada 3 yang diprioritaskan didalamnya, yakni bahasa inggris, teknologi informasi serta kewirausahaan, dan ini yang sekarang kita (UG) genjot untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan era revolusi industri 4.0.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kedepan yang menjadi penilaian dalam suatu perguruan tinggi itu adalah bukan berapa banyak lulusan yang dikeluarkan, akan tetapi seberapa besar manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dari suatu perguruan tinggi tersebut. 

“Dengan harapan, agar mahasiswa yang hadir bisa mengikuti materi dengan baik, sehingga bisa tumbuh jiwa kewirausahaan didalam diri mahasiswa UG yang kreatif dan inovatif, sehingga lulus nanti mahasiswa UG mampu bersaing di dunian usaha,” harap Ibrahim.

Sementara itu, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus MPA menambahkan, melalui kegiatan ini sedikitnya mahasiswa UG sudah memiliki pengetahuan terkait kewirausahaan, apalagi di era revolusi industri 4.0 saat ini telah banyak mengubah kehidupan manusia termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri.

“Revolusi industri 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia,” jelas Dikson.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa tentunya banyak jalan dan peluang untuk menjadi wirausaha, “apalagi jika mahasiswa memiliki daya kreativitas dan inovasi dalam melahirkan suatu karya, maka ini merupakan suatu jalan untuk memudahkan usaha kita dalam bidang kewirausaan,” imbuhnya.

Dikson pun berharap, mahasiswa UG mampu melahirkan karya-karya kreatif melalui entrepreneurship, karena sekarang ini banyak program dari KemenristekDikti terkait program kreativitas mahasiswa (PKM), yang harapannya mahasiswa UG dapat mengikutinya dan lolos untuk berkompetisi mendapatkan bantuan atau hibah Dikti terkait PKM tersebut. 

Untuk diketahui, kegiatan Workshop Entrepreneurship yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gorontalo (BEM UG), dibuka oleh Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close