ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKAN

Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik

Roy Marthen Moonti : Jurnal UG Masuk Kategori Sinta 4

KAMPUS, sulutGo– Dalam rangka meningkatkan jumlah jurnal ilmiah terakreditasi, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat serta Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo menggelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik, yang diselenggarakan di Hotel Damhil Kota Gorontalo, 10-12 Juli 2019.

Kegiatan ini diikuti 40 jurnal dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia, termasuk 11 jurnal online yang dimiliki Universitas Gorontalo (UG).

Setelah dikonfimasi, Dr. Roy Marthen Moonti, SH.,MH mengaku, percepatan akreditasi jurnal ilmiah elektronik ini sangat berguna untuk perkembangan jurnal khususnya jurnal di UG, karena bulan oktober nanti akan publish edisi 2 volume 2 dan secara otomatis 11 jurnal yang dimiliki oleh UG siap untuk submit di Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) Ristek Dikti. 

“Selaku salah satu pengelola jurnal di UG, tentunya publikasi ilmiah ini sangat penting karena merupakan salah satu indikator kemajuan bangsa, disamping jumlah kekayaan intelektual dan tingkat kesiapsiagaan penyerapan hasil teknologi dalam lingkup institusi pendidikan,” terang Roy Marthen.

Lanjut kata Roy lagi, melalui kegiatan workshop ini, dimana dari hasil asesment, jurnal UG masuk dalam kategori Sinta 4, artinya sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 50-60.

“Alhamdulillah dari hasil asesment dilakukan, dimana jurnal UG masuk dalam kategori Sinta 4, dan tentunya hasil ini bisa dibilang cukup menggembirakan, karena jurnal UG termasuk jurnal yang baru,” imbuhnya.

Sementara itu Dr. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM menambahkan, tentunya kegiatan yang dilaksanakan oleh KemenristekDikti bersama Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dengan mengundang 40 jurnal dari beberapa PTN maupun PTS di berbagai daerah ini, dimana tujuannya untuk pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal elektronik itu sendiri.

“Jadi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal, apalagi saat ini 11 jurnal di UG tinggal satu kali lagi terbit, maka sudah mememuhi syarat untuk di akreditasi,” tutur Ilyas.

Dirinya berharap, dengan adanya workshop ini dapat memacu para akademisi untuk melakukan penelitian, karena selain bermanfaat untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi, penelitian juga diharapkan dapat memberikan solusi atas berbagai temuan permasalahan dan fenomena yang terjadi di masyarakat. (hmsug)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: