NASIONALOPINISOSIAL POLITIK

Di balik isu pemindahan Ibu Kota RI ke Pulau Kalimantan

NASIONAL, sulutGO- Presiden RI Joko Widodo memastikan bahwa Ibu Kota RI akan pindah ke pulau Kalimantan.

“Sudah semakin mengerucut dan pilihannya juga sudah jelas bahwa ibu kota negara akan dipindahkan di Kalimantan, di Kalimantan, provinsinya di mana, ini yang harus di detailkan lagi,” kata Jokowi seperti dilansir pada CNN.

Jokowi pun menegaskan agar jajarannya bisa mengkaji lebih jauh lagi tentang topografi, demografi, ekonomi, sampai pertahanan-keamanan daerah tersebut.

Jokowi juga memaparkan, untuk skema pembiayaan ibu kota, baik yang bersumber dari APBN atau di luar APBN juga perlu diperhatikan, serta desain kelembagaan yang diberikan otoritas dalam rencana pemindahan ibu kota negara.

Sejauh ini, terkait dengan pemindahan ibu kota yang membuat tanya publik semakin membabi buta. Hal ini, berdasarkan penilaian dari potensi yang ada di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Alih-alih mempercepat kemajuan negara, serta memperbanyak infrastruktur nyatanya hanya menambah keresahan publik.

Dimana ada banyaknya Sumber Daya Alam (SDA) disitulah langkah kaki terhenti. SDA yang dikuras oleh swasta, dengan alatnya adalah negara juga merupakan latar belakangnya.

Bukan kemajuan yang di capai, bukan kesejahteraan yang di dapat, justeru hanya memberikan kehancuran serta kemelaratan kepada rakyat.

Kemiskinan, pengangguran, pergaulan bebas, ketidakadilan, kerusakan adalah hasil dari ketidakpeduliannya negara terhadap masyarakat yang ditutupi dengan berbagai dalih pembangunan.

Pemindahan ibu kota hanyalah tujuannya para kapitalis dalam menguras SDA untuk kepentingan pribadi yang seharusnya menjadi milik umum, (Ftr).

Editor : Fitra Wahyula Tonote

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: