BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Bawaslu : 118 TPS di Kabupaten Bolmut Teridentifikasi Rawan

BOLMUT, sulutGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menetapkan 118 Tempat Pemilihan Suara (TPS) teridentifikasi rawan. Jumlah TPS itu tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Bolmut.

Ketua Bawaslu Bolmut, melalui Komisioner Bawaslu Devisi Bidang SDM Misrawati Pakaya mengatakan jumlah tersebut didapatkan berdasarkan 10 indikator yang telah Bawaslu tetapkan.

Kesepuluh indikator tersebut yakni Pemilih DPTB, Pemilih DPK, Dekat RS, Dekat PT, Dekat Lembaga, Praktik Beri Uang, Praktik Hina, KPPS Kampanye, TPS Dekat Posko, Logistik Rusak pada pelaksanaan Pemilu 2019.

“Berdasarkan hasil pemetaan kami dari 246 TPS yang ada di Kabupaten Bolmut, 118 di antaranya rawan,” kata Misrawati pada Media sulutGO, Senin (15/4/2019).

Ia menuturkan, dari beberapa indikator kerawanan TPS yang di tetapkan berdasarkan berdasarkan pengalaman Pemilu 2014 dan dari hasil pengawasan Bawaslu Bolmut, ada 5 indikator dipastikan akan terjadi.

“TPS Dekat Posko, Praktik Beri Uang, Dekat RS, Pemilih DPTB dan Pemilih DPK. Kita berkaca pada pengalaman – pengalaman sebelumnya dan pada pengawasan tahapan demi tahapan Pemilu saat ini, dimana dan apa saja titik kerawanannya sehingga kami bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kata Misrawati, pihaknya akan terus melakukan patroli pengawasan sampai tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 yakni pada 17 April 2019 nanti.

“Kami juga menginstruksikan kepada rekan-rekan Panwascam untuk selalu standby, mengawasi tahapan demi tahapan guna mencegah adanya kecurangan, pelanggaran, praktik money politic, maupun tindakan lainnya yang dapat mencoreng pesta demokrasi rakyat ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pihak Bawaslu Bolmut juga telah melakukan rapat koordinasi baru-baru ini dengan pihak terkait yakni dengan Perwira Penghubung, Kapolsek Uraban Kaidipang dan Danramil, Dinas Dukcapil, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, KPU, Satpol PP.

“Hasil rapat tadi sore menjadi isi pemberitahuan KPU dan Bawaslu Bolmut secara berjenjang ke masing-masing jajaran sampai ke bawah”, jelasnya

Segala keputusan rapat yang pastinya bertujuan untuk pencegahan dan penanganan masalah pada pelaksanaan Pemungutan Suara di Kabupaten Bolmut sesuai TPS rawan hasil identifikasi.

“Keputusan ini berlaku selama Pemungutan Suara berlangsung, sambil menunggu petunjuk selanjutnya dari Provinsi dan Surat Edaran baru dari Bawaslu RI dan KPU RI”, tutupnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close