BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Bawaslu Bolmut Buka Rekrutmen 246 Pengawas TPS. Prioritas Warga Setempat

BOLMUT, sulutGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) membuka rekrutmen untuk Tim Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Tim tersebut bakal bertugas untuk membantu mengawasi pelaksanaan coblosan di masing-masing TPS.

“Perekrutan ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai pelanggaran selama proses pemungutan suara berlangsung,” jelas Misrawati Pakaya Komisioner Bawaslu Bolmut pada sulutGO, Selasa (12/2/2019).

Misrawati, sampaikan bahwa, rekrutmen Pengawas TPS di lakukan pada Februari ini, sesuai petunjuk teknis dan arahan Bawaslu Sulawesi Utara pada Rakor beberapa hari lalu.

“Rekrutmen mulai hari ini, 12 Februari 2019 sampai 23 Februari 2019 nanti”, Ungkapnya

Dikatakan Misrawati, pada pemilu 2019 jumlah Pengawas TPS yang direkrut Bawaslu mencapai 246 orang menyesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Bolmut.

“Setidaknya kami membutuhkan 246 Pengawas TPS yang akan bertugas di masing-masing TPS di Kabupaten Bolmut,” lanjutnya.

Nantinya secara umum Pengawas TPS harus memenuhi persyaratan sebagai berikut, WNI yang berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pendidikan minimal SMA atau sederajat, tidak merupakan anggota parpol atau sudah mundur sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar, dan bersedia bekerja penuh waktu,” imbuhnya.

Sedangkan prioritas Pengawas TPS yang akan direkrut adalah warga setempat. Dengan begitu diharapkan petugas Pengawas TPS tersebut lebih mengenal karakteristik warga setempat. Dan untuk meningkatkan kapasitas Pengawas TPS, akan ada Bimtek khusus mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan.

“Sehingga Pengawas TPS akan lebih jeli dalam mengawasi setiap tahapan yang berlangsung di TPS. Meski begitu diharapkan pengawas TPS harus netral, harus berintegritas untuk Pemilu yang berkualitas”, harapnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close