BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Bawaslu Sosialiasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Ini Tujuannya

BOLMUT, sulutGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019 di Kafe Dua Basudara di Boroko, Kamis (11/4/2019).

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019 dengan Moto Bersama Rakyat Awasi Pemilu Dan Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Dimana sosialisasi semacam ini sudah empat kali di lakukan.

Dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh, S.Pd bersama komisionernya. Dengan dihadiri Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolaang Mongondow, Kapolsek Urban Kaidipang, Perwakilan pengurus Partai Politik (Parpol), LSM Penjara, Pimpinan Ormas, Tokoh masyarakat, serta insan pers.

“Tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, agar memahami aturan yang telah diberlakukan sesuai undang-undang,” katanya.

Lanjutnya lagi, kemudian memberikan pengawasan untuk malakukan pencegahan munculnya pelanggaran. Baik pidana mau pun kode etik yang sudah diatur dalam undang-undang. Salah satu contoh adalah pemasangan baleho.

“Salah satu tugas Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dan tindakan pelanggaran. Bawaslu akan mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dan ditetapkan,” ujarnya.

Dikatakan Irianto juga, Bawaslu meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan media massa untuk membantu dalam hal pengawasan Pemilu. Serta melaporkan kepada Bawaslu apabila ada terdapat dugaan pelanggaran.

“Hasil sosialisasi ini agar dapat disampaikan juga kepada masyarakat maka rajin-rajinlah mengawasi penyelengga Pemilu dan peserta Pemilu. Harapan kami, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan adil, transparan, dan jujur. Sehingga pelaksanaan dapat berjalan aman dan sukses,” tutupnya. 

Informasi juga, bahwa Bawaslu Bolmut akan melaksanakan patroli namun belum diketahui dengan siapa dan mulai kapan akan dilakukan. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close