BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

DD dan ADD Dikelola Sesuai Peruntukannya, Ini Permintaan Sekda

BOLMUT, SulutGO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si meminta agar Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dikelola sesuai peruntukannya.

“Kita meminta pemerintah desa mengelola dana tersebut dengan baik dan sesuai dengan peruntukannya,” katanya, saat membuka Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi Kas Daerah (Kasda) Versi 2.0 Untuk Pemerintah Desa se Kabupaten Bolmut, bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Senin (7/10/2019).

Lanjut Sekda, Pemkab Bolmut berharap penggunaan DD dan ADD ada mekanismenya dan tentunya dalam setiap penggunaannya harus dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar.

“Pengelolaan keuangan desa harus sesuai dengan peraturan yang berlaku agar supaya terhindar dari masalah dikemudian hari,” Harapnya.

Mengingat, Pemkab Bolmut telah mengalokasikan anggaran ADD sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu 10% dari dana perimbangan APBD setelah dikeluarkan dana DAK. Selain itu, dengan adanya Dana Desa dapat memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.

“Olehnya sangat perlu dikelola dengan baik sehingga anggarannya menjadi terarah,” Pinta Sekda Asripan

Untuk meminimalisir hal tersebut pemerintah daerah telah menerapkan sistem non tunai dengan menggunakan aplikasi Kasda Online versi 2.0.

“Penerapan aplikasi Kasda Online ini sudah sejalan dengan edaran menteri Dalam Negeri dalam pengimplementasian transaksi non tunai mulai 1 januari 2018,” Ucapnya. 

Berkaitan dengan hal itu, Bank SulutGo berupaya mendukung solusi pengelolaan keuangan pemerintah daerah secara non tunai, salah satunya dengan Aplikasi Kasda Online versi 2.0.

“Penerapan Kasda online ini memberikan manfaat kepada pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa dari sisi keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam bertransaksi,” Tegasnya. 

Selain itu kata Asripan, “Dari sisi keamanan sendiri aplikasi kasda online akan diawasi oleh tiga pihak dan menggunakan One Time Password yangvmerupakan salah satu cara transaksi dalam dunia digital sekarang ini,” Pungkasnya. 

Turut hadir Group Head Pemasaran Kantor Pusat Bank SulutGo Bapak Verry Masengi, Pemimpin Departemen Pengembangan Produk kredit Bank SulutGo Ibu Monalisa Manoppo, Kepala Badan Keuangan kab Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.EC dev, Kepala Bank SulutGo cabang Boroko Jummy Roboth, para sangadi dan perangkat desa. (Dolvin) 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: