BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Hadapi Kekeringan, BPBD Bolmut Segera Salurkan Air Bersih Ke Warga

BOLMUT, sulutGO – Untuk menghadapi musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan segera turun ke semua desa di Kabupaten Bolmut.

Kepala BPBD Kabupaten Bolmut, Victor Nanlessy, telah menyiapkan tim untuk memantau wilayahnya menghadapi musim kemarau yang kini mulai melanda.

“Tim kita akan turun ke seluruh desa-desa mulai hari Senin sampai Selasa, tim ini akan data ke lokasi rawan kekeringan dan Rumah Tangga kesulitan air minum. Kemudian, Rabu kita rekap datanya selanjutnya kita sampaikan ke Bupati untuk SK Penanggulangan setelah keluar SK nya baru kita proses,” Kata Victor saat di konfirmasi diruang kerjanya, Jumat (6/9).

Menurut Viktor, baru-baru ini sudah ada beberapa laporan dari desa ke BPBD Bolmut, dimana ketersediaan air bersih mulai terbatas.

“Data berotensi itu seperti di Kecamatan Kaidipang itu Desa Solo, Inomunga, Komus 2,” Ujarnya

Kemudian di Kecamatan lain Desa Komus 1, Tanjung Sidupa, Batu Tajam, Tote, Bohabak, Binjeita, Sang, Sampiro dan Busisingo,” Tuturnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa, penanggulangannya secara berjenjang dalam mengawasi situasi dan kondisi daerahnya terutama terkait kebutuhan air.

“Penyaluran air bersih ada prosedurnya semacam air minum itu harus ada proposal dari desa, ajukan ke BPBD dan kita bikin telaah stap,” Ujarnya.

Wilayah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih itu akan mendapatkan bantuan air.

“Air minum, kami berikan Botol Aqua per tiap Rumah, tinggal dihitung berapa lama dikonsumsi. Dan untuk air bersih kita berikan Tong Air dengan volume 2200 Liter yang akan di taruh di desa yang kena dampak kekeringan dan air itu gunanya untuk mandi dan Cuci,” Tutupnya. (Dolvin) 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: