BERITAGORONTALOKAB. GORONTALOMANADOSULAWESI UTARA

Kajari Limboto Didaulat Sebagai Pemateri Pada Rakor Bidang Pertanahan di Manado

GORONTALO, sulutGO– Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto, SH, MH didaulat oleh Bupati Gorontalo untuk menjadi salah satu pemateri dalam acara Rapat Koordinasi Bidang Pertanahan Kabupaten Gorontalo yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Manado, Sabtu (01/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Kepala Kantor Wilayah Pertanahan Provinsi Sulut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gorontalo, Para Asisten Setda Kabupaten Gorontalo, Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat serta Kades dan Lurah se Kabupaten Gorontalo.

 

 

 

Pada kesempatan itu, Kajari menyampaikan materi terkait Penyelesaian Sengketa Pertanahan dan Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum.

Ia mengatakan, sebagai ujung tombak pemerintahan, Kepala Desa maupun Lurah diminta untuk melaksanakan administrasi pertanahan di desa/kelurahan dengan baik.

Karena jika terdapat sengketa tanah, maka administrasi pertanahan di desa dan kelurahan menjadi kunci penting selain yang ada di Kantor Pertanahan.

“Demikian pula jika ada kegiatan pembebasan tanah untuk kepentingan umum, Kepala Desa dan Lurah harus juga memiliki data yang akurat dan valid terkait kepemilikan maupun penguasaan tanah,” kata Dr. Supriyanto.

Sehingga, lanjut dia, kegiatan pembebasan tanah tersebut bisa tepat sasaran dan sampai kepada pihak yang berhak dengan dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. (vt)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close