BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Ke Bolmut, KPW VI Provinsi Sulut Ingatkan Pentingnya Tugas Pendamping Desa

BOLMUT, sulutGO —  Konsultan Pendamping Wilayah Enam (KPW 6) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Murphy Kuhu turun lapangan melakukan monitoring, evaluasi, dan supervisi penyaluran serta penggunaan Dana Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Di awal, Pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Bolmut dan Menghadiri Rapat Koordinasi dengan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Bolmut serta mengunjungi desa di beberapa Kecamatan untuk melihat progres penyaluran dan penggunaan Dana Desa tahap I dan II tahun 2019 yang dikucurkan di 106 desa yang ada di wilayah tersebut.

KPW 6 Provinsi Sulut, Ir. Murphy Kuhu dalam arahannya pada rapat koordinasi. Selain mendengar dan melihat progres penyaluran dan penggunaan Dana Desa beserta permasalahannya, juga menekankan terkait pentingnya tugas pendampingan desa yang dilakukan Tenaga Pendamping Profesional yang ditugaskan disetiap daerah.

Rakor tersebut dilaksanakan di sekretariat TPP Kabupaten Bolmut, Jalan Trans Sulawesi, Desa Kuala Utara, Kecamatan Kaidipang, pada Rabu 15/5/2019) Lalu.

“Penting kita ingatkan terkait tugas pendampingan desa yang diamanatkan permendes 3/2015 tentang pendampingan desa. Sebab tugas pendampingan desa ikut mempengaruhi kelancaran pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) dan Program Inovasi Desa (PID) di daerah masing-masing,” ujarnya

Tanggung jawabnya melakukan pendampingan mulai proses perencanaan, mendata terkait keperluan desa, hingga pelaksanaan dan pemantauan desa dalam melaksanakan pembangunan dan pembersayaan masyarakat desanya.

“Tanggung jawab dalam bekerja, loyalitas, konsisten, kedisiplinan, belajar/up grade, memenuhi permintaan data”, Seru Murphy.

Di sisi lain, ia juga mendorong agar percepatan progres penyaluran dan penggunaan Dana Desa 2019.

“Pendamping desa harus berakselerasi, banyak membaca peluang dan mampu berinovasi”, Harapnya

Selain mengikuti rakor, Murphy Kuhu juga berkunjung ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), diantaranya BUMDes Maligugu Desa Talaga Tomoagu dan BUMDes Mokapok desa Ollot 2 Kecamatan Bolangitang Barat. Selanjutnya berkunjung ke BUMDes Mototavia desa Telaga Kecamatan Bintauna.

Sementara itu, menurut Koordinator TPP Kabupaten Bolmut Resty Manangin mengatakan bahwa kedatangan korprov P3MD dan PID di Kabupaten Bolmut merupakan agenda rutin dari KPW 6 Provinsi Sulut terkait monitoring kegiatan pendampingan diantaranya Progres APBDES 2019, Program Padat Karya Tunai (PKT), Penanganan Stunting dan Kegiatan BUMDes.

“Semuanya sudah berjalan sesuai pemanfaatannya. Terkait Penyerapan anggaran Dana Desa 2019 Tahap pertama 20 % di 106 desa sudah 100 persen dan pelaksanaan kegiatan Dana desa Tahap pertama sudah hampir 80 % di setiap desa. Dan saat ini sudah ada desa yang melakukan pengajuan anggaran tahap kedua 40 %”, bebernya

Lebih lanjut kata Resty Korkab TPP Kabupaten Bolmut, pemerintah kabupaten Bolmut sangat mendukung  program inovasi desa (PID).

“Bulan Juni, akan digelar Bursa Inovasi Desa (BID)  tingkat Kabupaten Bolmut. Program ini sangat di dukung oleh pemerintah daerah”, Katanya.

Terpisah, Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Talaga Sakti Sarif Ponogoa, mengucapkan rasa syukur atas kunjungan Tim KPW 6 Provinsi Sulut ke desa dampingannya.

“Kehadiran KPW di desa dampingan saya itu sangat positif, apalagi pengurus BUMDes bisa berkomunikasi langsung dengan Pak Korprov P3MD Sulut”, ungkapnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close