BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESLEGISLATORSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Kejar Deadline, DPRD Bolmut Maraton Bahas RAPBD 2020

BOLMUT, sulutGO – Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2020 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hingga saat ini belum tuntas.

Padahal, deadline pengesahan APBD tahun 2020 tersisa lima hari lagi atau paling lambat 30 November 2019 APBD sudah harus ditetapkan.

“Masih ada waktu beberapa hari bagi dewan untuk menuntaskan pembahasan RAPBD 2020 untuk ditetapkan menjadi APBD. Kami optimistis, APBD 2020 bisa ditetapkan tepat waktu,” ujar Wakil Ketua DPRD Bolmut, Saiful Ambarak, S.Pd.I di gedung DPRD Bolmut, Senin (25/11/2019).

Saiful mengatakan, untuk mengejar sisa waktu yang tinggal beberapa hari lagi, pembahasan RAPBD tahun 2020 dilakukan secara maraton. Pembahasan yang sudah di tingkat Badan Anggaran (Banggar) dengan mengundang Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dilakukan hingga malam masih tetap alot.

“Alotnya dalam pembahasan, Banggar menegaskan tentang pemenuhan belanja wajib yang di syaratkan undang undang, termasuk belanja yang pro ke publik/masyarakat. Dengan selalu pada panduan RKPD serta target capaian tahun kedua RPJMD,” Ungkapnya

Setelah pembahasan di tingkat Banggar, kata Saiful, masih ada beberapa tahapan lagi sebelum APBD 2020 ditetapkan. Jika pembahasan RAPBD disepakati antara Banggar dan TAPD, kemudian akan dilanjutkan dengan rapat paripurna pendapat akhir fraksi untuk penetapan APBD 2020.

“Kami upayakan APBD 2020 ditetapkan tepat waktu. Jika tidak, dampak dari keterlambatan itu Bolmut akan dapat sanksi dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut Dr. Hi. Asripan Nani, M.Si selaku Ketua TAPD bersama organisasi perangkat daerah (OPD) siap mengikuti jadwal pembahasan anggaran 2020 di DPRD. Karena, semua berharap RAPBD 2020 bisa ditetapkan menjadi APBD 2020 tepat waktu.

“Sebelum tanggal 30 November 2019,” Singkatnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: