BERITABOLMONG RAYABOLMUTSULAWESI UTARA

LSM Penjara Menuntut, Bawaslu Bolmut Sudah Bekerja Sesuai Prosedur

BOLMUT, sulutGO – LSM Penjara menggelar unjuk rasa di hadapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terkait dengan kinerja Bawaslu, Rabu (6/2/2019).

Ketua LSM Penjara Bolmut Rafik Patingki, SH dalam orasinya mengaku sangat kecewa dengan sikap lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

“Kami sangat kecewa dengan kinerja Bawaslu Bolmut yang sampai saat ini tidak memperlihatkan sikap profesional sebagai lembaga penyelenggara pemilu,” Ungkapnya

Rafik menjelaskan, rasa kekecewaan ini di karenakan bahwa ada beberapa laporan dari pihak LSM Penjara Bolmut yang disampaikan kepada pihak Bawaslu ternyata hanya dilakukan pembiaran.

“Kami melihat Bawaslu Bolmut hanya melakukan pembiaran terhadap laporan kami, padahal laporan tersebut kami sampaikan sejak 30 Oktober 2018,” Jelasnya.

Berikut isi tuntutan LSM Penjara Bolmut diantaranya:
1. Meminta DKPP RI untuk menindak tegas Bawaslu Bolmut
2. DKPP RI menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada komisioner Bawaslu Bolmut, dan
3. Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut) diminta mengevaluasi pengelolaan keuangan Bawaslu Bolmut sampai tingkat PPL.

Aksi tersebut hanya diterima Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaiaan Sengketa (HPPPS) Bawaslu Bolmut, Ben Henzer Enok, sementara Ketua dan salah satu anggota Bawaslu Bolmut tidak berada di tempat.

Hal ini pun mengundang amarah dan kekecewaan para massa aksi, serta mengancam akan terus mengawal masalah iin.

Koordinator Divisi HPPPS Bawaslu Bolmut, Ben Henzer Enok, mengatakan kepada sejumlah wartawan bahwa selama ini pihaknya telah bekerja sesuai prosedur.

“Mengenai dugaan pelanggaran itu ada prosesnya. Ada form-formnya yang harus dilewati, tidak serta merta selesai. Kalau pelanggarannya administrasi, maka bisa diselesaikan di tingkat kecamatan, kalau pelanggarannya pidana maka harus diputuskan bersama Sentra Gakkumdu, dan kalau pelanggaran itu melibatkan ASN maka Bawaslu cukup merekomendasikan kepada KASN dan selanjutnya KASN lah yang memutuskan,” Terangnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close