BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Pemkab Bolmut Gelar Workshop Penyusunan LPPD

BOLMUT, sulutGO–Workshop penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah di Hotel Aston Manado, Kamis (13/02/2020).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Bolmut, Samidin Korompot, S.STP menyampaikan kegiatan tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, Workshop tentang Penyusunan Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (LPPD) berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana Pasal 69 menyebutkan Kepala Daerah wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada Mendagri melalui Gubernur.

Menurut Samidin, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam menyusun dan menyajikan data yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dirinya menambahkan, pada Workshop LPPD juga meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (SIM_LPPD) untuk memudahkan para Kasubag Proglap/penyusunan dari SKPD untuk membuat LPPD pada masing-masing SKPD di lingkup Pemkab Bolmut.

“Dalam menu aplikasi tersebut dapat dilihat dengan detail oleh Admin, mana SKPD yang menyusun dengan tepat di topang dengan data pendukung dan mana yang tidak sesuai, sehingga memudahkan kepala Daerah untuk menilai SKPD yang melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana strategi dalam rangka mendukung visi misi Pemda atau keluar dari visi misi Pemda,” ujarnya.

Samidin menjelaskan, aplikasi ini adalah Inovasi Bagian Tata Pemerintahan untuk mendukung Visi Misi Pemerintah Daerah. Karena itu, ia berharap kerja sama semua perangkat daerah agar dapat bersinergi demi menyelesaikan kewajiban bersama yaitu menyerahkan LPPD tepat waktu.

Hadir sebagai narasumber yakni dari Tim Evaluasi dan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Kementerian Dalam Negeri. Adapun workshop ini dilaksanakan sejak tanggal 13-15 Februari 2020 yang diikuti oleh jajaran Pemkab Bolmut yang membidangi program dan laporan pada setiap OPD. 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: