BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Ratusan Aparat Desa di Bolmut Ikuti Delineasi Kartometrik Batas Desa

BOLMUT, sulutGO – Kegiatan Delineasi Batas Wilayah Administrasi Desa secara Kartometrik Tanpa Kesepakatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) di ikuti 146 peserta yang terdiri dari Aparat Desa dan didampingi Pemerintah Kecamatan, bertempat di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut, Kamis (5/9/2019).

Kegiatan ini, Pemkab Bolmut bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat dalam menentukan batas desa.

“Para Sangadi dan Aparatnya, dari Kecamatan Sangkub, Bintauna dan Bolangitang Timur,” Ungkap Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Bolmut, Samidin Korompot, SSTP, M.Si saat di temui media ini di tempat kegiatan, Kamis (5/9/2019).

Selanjutnya, besok tanggal 6 September akan di ikuti oleh desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Bolangitang Barat, Kaidipang dan Pinogaluman.

“Jika batas wilayah masing-masing desa dan kecamatan akan segera rampung dan akan ditindaklanjuti oleh Pemkab Bolmut,” Ujarnya.

Menurutnya, hal-hal yang berkaitan dengan urusan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan, khususnya terkait batas-batas wilayah administrasi akan berjalan baik semisal berkiatan dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

‘’Jika sudah punya batas wilayah, berarti telah ada kepastian hukum dan tidak adalagi sengketa terkait PBB. Nantinya setiap desa akan mudah melaksanakan pembangunan,’’ pungkasnya

Ia menambahkan, bahwa untuk kedepannya perhitungan pemberian Dana Desa (DD) disesuaikan dengan luas wilayah. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: