BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Sejumlah Saksi Masih Keberatan Rekapitulasi KPU, Ini Tanggapan Bawaslu

BOLMUT, sulutGO – Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) baru saja melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2019.

Proses rekapitulasi pun masih diwarnai sejumlah keberatan dari saksi-saksi parpol yang hadir.

Menanggapi keberatan-keberatan saksi parpol dalam rekapitulasi, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolmut Irianto Pontoh, S.Pd merekomendasikan agar KPU dan jajarannya melakukan pencocokan data yang keliru atas persetujuan saksi.

“Masalah Pemilih Disabilitas yang di sampaikan PPK Kecamatan Pinogaluman itu mereka lupa di print out, sehingga saksi para saksi keberatan karena Format A 3 atau Data Pemilih Disabilitas pada form DPR-RI tidak mendampatkan print out salinan lengkap yang dibagikan kepada para saksi”, Jelasnya.

Menurutnya, atas kejadian ini kami Bawaslu Bolmut atas kesepakatan bersama dilakukan pencocokan dan perbaikan.

“Jadi tinggal mengambil Plano DA 1 untuk data yang ada di komputer yang belum tercetak. Dan itu para Saksi-Saksi sudah mengiyakan dengan keputusan PPK Pinogaluman untuk meneliti kembali data tersebut”, Ungkapnya.

Sementara PPK Kecamatan Pinogaluman dalam pemaparan pleno tersebut mengungkapkan bahwa kekeliruan tersebut ada pada form DPR RI.

“Yang tidak sempat tercetak ini adalah angka romawi II dan III yang dalam format satu lembar kertas yang berkaitan dengan data pemilih disabilitas dan data pengguna hak suara”, Tuturnya.

Sebelumnya, Saksi Partai Demokrat Syamsudin Olii saat pleno berlangsung mengintrupsi kepada KPU untuk tidak meneruskan Pleno PPK Kecamatan Pinogaluman.

“Dalam undang-undang 7 pasal 372 ayat 2 bawah penyelenggaraan wajib hukumnya menampilkan data-data yang akurat untuk disampaikan kepada kami saksi, itu tidak ada. Nah oleh sebab itu kami saksi Demokrat tidak memegang DA 1, untuk kita menyaksikan angka-angka ini. Jadi ada baiknya di pending dulu karena ini sangat urgent, ini persoalan data, hati-hati,” tegas opan sapaan akrabnya.

Pantauan sulutGO, usai dilakukannya penyesuaian data format DPR RI dengan DA 1 rapat pleno PPK Kecamatan Pinogaluman dilanjutkan kembali hingga selesai. 

Sebagai informasi bahwa rapat pleno tersebut yang di pimpin langsung oleh Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja didampingi empat komisioner KPU itu di skorsing jam 01.00 dan akan di lanjutkan pada esok hari pada pukul 09.00 Wita. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close