BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Sarpras Irigasi di Nilai Cukup Penuhi Kebutuhan Petani, Sekda Bolmut: Harap Peran dari Komisi Irigasi

BOLMUT, SulutGO – Ketersediaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) irigasi saat ini dinilai bisa mencukupi kebutuhan para petani padi sawah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut berharap peran dari komisi irigasi untuk merumuskan rencana kebijakan mempertahankan dan meningkatkan kondisi serta fungsi irigasi yang ada.

“Peran komisi irigasi dalam melakukan pembangunan jaringan irigasi sangat diperlukan,” Harap Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Hi. Asripan Nani, M.Si saat membuka Kegiatan Pemberdayaan Komisi Irigasi.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Bapelitbang Abd. Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si, Plt. Kepala Dinas PUPR Rudini Masuara dan Kepala Seksi Operasional dan Pemeliharaan SDA Sulawesi 1 Ir. Heri Talumepa, S.P.1. Bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang Kabupaten Bolmut, pada Jumat (4/10/2019).

Dijelaskannya, Komisi Irigasi merupakan lembanga koordinasi dan komunikasi antar Pemerintah Daerah, Perkumpulan Petani pemakai air di daerah irigasi dan pengguna jaringan irigasi.

“Keberadaannnya dapat membantu Pemerintah Daerah dalam merumuskan kebijakan pembangunan dan pengelolaan sistem irigasi,” Kata Asripan

Lanjut Sekda, Mengingat besarnya anggaran yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja infrastruktur irigasi melalui APBD, diperlukan fokus perhatian terhadap indikator lain di luar yang juga memberikan kontribusi meningkatnya kinerja irigasi.

Selain Sarpras Irigasi terpenuhi, Pemkab Bolmut juga meminta kepada para petani untuk dapat bersama-sama menjaga dan memelihara jaringan irigasi yang ada. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: