BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESKESEHATANSULAWESI UTARA

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Latih Petugas Fasyankes

BOLMUT, sulutGO – Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan kegiatan Pelatihan Petugas Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) se Kabupaten Bolmut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta, MARS melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Febiyanto Lumoto, S.KM mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari petugas kesehatan di RSUD dan Puskesmas se Kabupaten Bolmut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Febiyanto Lumoto, S.KM

“Dilatihnya petugas Fasyankes guna mengatasi masalah kesehatan masyarakat, mulai dari pengendaliannya, pencegahan hingga penularan penyakit HIV/AIDS, Hepatitis dan Sifilis Dari Ibu ke Anak,” Ungkap Lumoto pada media ini, Rabu (27/11).

Lanjut Lumoto, kegiatan pelatihan direncanakan selama dua hari, mulai tanggal 27 sampai 28 November 2019, sedangkan yang bertindak sebagai pemateri dari pihak Dinkes Provinsi Sulawesi Utara.

“Insya Allah, besok sudah selesai. Kami berharap kepala peserta dapat mengikutinya hingga selesai kegiatan,” Katanya.

Menurutnya, Pelatihan ini sangatlah penting. Tujuan dari semua ini adalah dapat meningkatkan kualitas hidup dari pada masyarakat.

Selain itu, Kata Lumoto, Pemerintah Daerah sudah membentuk Tim Kerja Penanggulangan Masalah Kesehatan Masyarakat yang melibatkan lintas sektoral mulai dari Puskesmas, OPD, TNI/Polri.

“Kemarin sudah dibentuk rancangan susunan struktur, setelah disetujui Pak Bupati, baru kita adakan pelantikan,” Tuturnya.

Ditambahkannya, Tim yang dibentuk ini nantinya akan bergerak aktif dalam menanggapi, mengenali, mencegah, mensosialisasikan, memonitor serta mengatasi permasalahan kesehatan diwilayah Bolmut.

Puskesmas yang menjadi rujukan Perawatan, Dukungan dan Pengobatan (PDP), bagi pasien HIV/AIDS, Hepatitis dan Sifilis Dari Ibu ke Anak. Sedangkan, pelayanan yang di berikan mulai dari pemeriksaan hingga pengobatannya.

“Dalam waktu dekat ini di Bolmut sudah ada Puskesmas PDP bagi penderita HIV/AIDS, yang rencananya akan dibuka di Puskesmas Boroko dan Bintauna,” Pungkasnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: