BOALEMOGORONTALO

“Camari Lingkungan” DLHK Provinsi dan Kabupaten Boalemo Sidak Ke PT.Argo Arta Surya

BOALEMO, SulutGo — Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Boalemo, bersama DLHK Provinsi Gorontalo, dan unsur Kepolisian, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke PT. Argo Arta Surya (AAS) yang berada di Desa Pangeya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.Senin (09/01/2020)

Sidak yang dilakukan, menindak lanjuti laporan masyarakat terkait pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT.Argo Arta Surya.

Kasie Penegakan Hukum, Dinas lingkungan hidup Boalemo, Datuk Rahmad menjelaskan bahwa kunjungan ini dalam rangka mengecek kesepakatan dinas lingkungan hidup dengan PT. AAS untuk menambah kolam limbah dari sebelunya 8 kolam menjadi 10 kolam.

“Kami dari Dinas juga turun untuk mengecek titik pengambilan sampel, dimana ada 11 titik yang telah kami survei, dan akan di ambil sampel”. jelas Rahmad

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo, Faizal Lamakaraka mengungkapkan ini kewenangan dari DLH Boalemo tetapi kita juga tidak bisa diam begitu ada aduan warga ke kami. Makanya kemarin saya membentuk tim bersama-sama dengan DLH Boalemo, kita turun langsung ke lokasi”ungkap Faizal di ruang kerjanya, Jumat (10/1)

BACA JUGA:  Pemkab Gorontalo Bersiap Sambut "New Normal" Corona

Dirinya menambahkan, Setelah mengecek langsung, tim mendapati sistem pengolahan limbah di PT AAS masih kurang maksimal.

“Masih ada kebocoran-kebocoran yang mengakibatkan limbah tersebut mengalir ke sungai. Dan inilah yang membuat warga sekitar kurang nyaman.”jelasnya.

Berdasarkan peninjauan dilapangan, dirinya berharap Dinas terkait dalam hal ini DLH Kabupaten Boalemo dapat menindak lanjuti temuan itu serta mendesak pihak Perusahan segera memperbaiki sistem pengolahan limbahnya.

“Pengelolah perusahan tidak berada di lokasi saat Tim melakukan peninjauan, untuk itu kami mendorong Pihak DLH Boalemo agar lebih aktif lagi dalam menangani masalah ini. Dan Alhamdulillah menurut informasi, DLH Boalemo sudah memberi batas waktu, hingga akhir Januari masalah Limbah ini harus sudah selesai.”tutupnya

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close
%d bloggers like this: