ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

Dalam Pengerjaan Proyek, Bupati Minta Perusahaan Optimalkan Penggunaan SDM

LIMBOTO,sulutGO– Bupati Gorontalo Nelson Pomaligo memberikan perhatian serius dalam perekrutan tenaga kerja perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gorontalo.

Keberadaan perusahaan ataupun pengerjaan proyek pembangunan di daerah ini menjadi salah satu upaya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Bupati Nelson meminta perusahaan lebih memprioritaskan penggunaan sumber daya manusia dibandingkan penggunaan mesin.

“Saya minta gunakan tenaga kerja atau sumber daya manusia atau padat karya, selama masih bisa dikerjakan oleh manusia tolong gunakan SDM, sehingga masyarakat punya pendapatan,” kata Nelson saat melakukan pertemuan dengan para kontraktor, di Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo, Kamis (02/04).

Hal ini, lanjut Nelson, mengingat situasi dan kondisi masyarakat saat ini di tengah-tengah pandemi covid-19, yang mengakibatkan pendapatan masyarakat baik petani, pedagang, abang bentor dan sebagainya mengalami penurunan.

“Hari ini terus terang abang bentor, kantin, penjualannya ikan, petani dan sebagainya sekarang anjlok. Para petani pun meskipun memproduksi namun tidak memiliki pendapatan. Maka salah satu solusinya adalah pekerjaan yang bapak ibu siapkan,” tuturnya.

BACA JUGA:  Akses Masuk di Pontolo Indah lebih Diperketat

Selain itu, Bupati meminta perusahaan juga mengutamakan tenaga kerja dalam daerah untuk direkrut dalam pekerjaan yang dibutuhkan.

“Harapannya adalah tetap mengoptimalisasi tenaga kerja disini tetapi pada bidang-bidang tertentu mungkin tidak bisa mengingat kompetensi dari SDM yang dibutuhkan, tapi dengan catatan, tetap melaporkan ke puskes maupun kantor desa,” imbau Nelson.

Bupati juga meminta, dalam setiap aktifitas pengerjaan proyek, perusahaan harus mengedepankan protap kesehatan.

“Dimana pun kita bekerja baik di dalam kantor maupun di luar kantor, dan itu akan kita lakukan pemantauan,” imbuh Nelson.

“Saya juga minta melalui dinas PU atau, ULP dan nakertrans untuk melaporkan program proyek yang kita minta. Berapa tenaga kerja yang digunakan, dan dengan upah yang tentunya sudah disepakati bersama,” pungkasnya. (Adv)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close
%d bloggers like this: