ADVETORIALGORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Peringati HPSN 2020, Wabup Thariq Pimpin Aksi “Grebek” Sampah

GORUT, sulutGO – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu memimpin pelaksanaan “Grebek” Sampah, Jumat (21/2/2020).

Gerakan yang dipusatkan di Desa Moluo, Kecamatan Kwandang ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Gorut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gorut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Tahun 2020.

Kegiatan inipun melibatkan sejumlah personil TNI-AD dan sejumlah masyarakat.

Di kesempatan tersebut, Thariq mengajak seluruh elemen masgarakat untuk melestarikan dan menjaga keindahan lingkungan. Hal ini kata dia, demi menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Kepada DLH, Thariq meminta agar terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan imbauan tentang kebersihan lingkungan, mulai dari area pemukiman warga, sekolah, terutama di lingkungan pelayanan kesehatan.

“Ya, jadi untuk lebih menyebarkan informasi ke masyarakat dalam membersihkan lingkungan harusnya lewat surat edaran, pemberitahuan. Karena kita tau bersama keberadaan sampah-sampah tentu tidak mampu diatasi Oleh petugas kebersihan,” ungkap Thariq.

BACA JUGA:  Wabup Anas: Pejabat Harus Mampu Jabarkan Kepercayaan Yang Diberikan Pimpinan

Thriq mengatakan, banyaknya produksi sampah di daerah ini, khususnya di kecamatan Kwandang sendiri kurang lebih 6 ton per hari, sehingga perlu adanya kerjasama pemerintah dan partisipasi masyarakat untuk mengangkut sampah-sampah di masing-masing lingkungan.

Tak lupa, Thariq juga meminta Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk bahu-membahu menjaga kebersihan, seperti kali-kali saluran air sehingga saat musim hujan tidak terjadi genangan yang menyebabkan sumbatan, dan akhirnya dapat merusak lingkungan.

“Saya tegaskan perlu semua elemen selalu menjaga saluran-saluran yang bersifat membahayakan. Karena di sisi lain itu salah satu faktor penyebabnya terjadinya kerusakan lingkungan, yang melalui tumpukan-tumpukan sampah,” tuturnya. (adv/sarman) 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: