GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Dihadiri Ratusan Ilmuwan, Gorut Jadi Tuan Rumah Temu Ilmiah FP2TPKI

GORUT, sulutGO– Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menjadi tuan rumah atas Pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI), Kamis (08/11).

Sedikitnya ada seratus Ilmuwan yang mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Pulau Saronde Gorut ini, dan sebagian adalah pimpinan dekan fakultas perikanan dan kelautan se-Indonesia.

Diketahui ada sekitar 90 perguruan tinggi yang turut serta pada pertemuan dimaksud, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Bupati Indra Yasin dalam kesempatan tersebut menjelaskan, adapun tujuan dari pertemuan ini, yakni terkait pengembangan perikanan dan kelautan, serta pulau-pulau kecil, maupun pesisir pantai yang menjadi potensi wisata.

“Iya, ini adalah satu agenda berskala nasional, kita berdiskusi banyak tentang pengembangan perikanan dan kelautan, bagaimana pengembangan pulau-pulau kecil dan pesisir pantai, dan juga pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Bupati Indra Yasin juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik, sebab menurutnya momen seperti ini sangat jarang dilaksanakan.

Bahkan kata bupati, pertemuan yang juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Terpilih, Thoriq Modanggu, PLt Sekda Sofyan Djaidjun, dan Pimpinan OPD ini, hanya dilaksanakan sekali dalam 2 tahun.

“Bagi kami ini adalah kesempatan baik yang sukar terulang dan dihadiri oleh seluruh ilmuwan perikanan, dekan perguruan perikanan berkumpul di Gorut, forum ini setiap dua tahun ketemu,” ungkapnya.

Dirinya juga membeberkan, akan ada kesempatan nantinya bagi Gorut untuk membahas lebih lanjut mengenai pengembangan ini.

“Kita akan diberi kesempatan pada pertemuan yang akan dilakukan di bali, kita boleh ikut untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan perikanan dan kelautan serta pariwisata,” kata Bupati dua periode itu.

Lebih lanjut bupati mengatakan, bahwa giat kali ini sangat bermanfaat dan berdampak bagi Gorut.

“Paling tidak apa yang disampaikan oleh para ilmuan tadi mempunyai manfaat dan dampak positif di Gorut. Apalagi terkait pengembangan sains dan teknologi didalam hal perikananan dan kelautan,” imbuhnya.

Sementara Ketua FP2TPKI, Lucky Adriyanto mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan silaturahmi dan inovasi bagi nelayan, pelaku budidaya ikan, pengelola ikan, bahkan seluruh masyarakat pesisir yang berada di Gorut.

“Ya, semoga ini tak hanya bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan dan teknologi, melainkan bermanfaat juga untuk pengembangan kebijakan,” harapnya. (hms/b-fly)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close