GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALO

“SASKIA” Program Kolaborasi Disdukcapil Dan Dispendikbud Hasilkan Kartu Identitas Anak

LIMBOTO, sulutGO — Dalam rangka memberikan sebuah identitas yang di khusus untuk anak-anak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) membuat sebuah terobosan yang bernama SASKIA atau Setiap Anak Sekolah punya Kartu Identitas Anak.

Kepala Dinas Dukcapil, Muhtar Nuna mengatakan, bahwa kartu identitas anak ini sangat penting untuk anak-anak, karena akan menjadi identitas khusus untuk mereka, karena biasanya kartu tanda pengenal hanya untuk orang dewasa, tapi kali ini khusus untuk anak-anak.

“Kartu identitas anak ini sangat penting artinya bagi anak-anak kita, agar mereka memiliki sebuah tanda pengenal. Biasanya kartu tanda pengenal ini hanya dimiliki oleh orang berusia diatas 17 tahun, tapi ini kami buatkan khusus untuk mereka” Ungkap Muhtar saat diwawancarai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pagi ini. Senin (29/06/2020).

Ia juga mangungkapkan, bahwa dengan program “SASKIA” ini, harapannya setiap anak SD, SMP, dan SMA yang masih berusia dibawah 17 tahun dapat mengurus secara kolektif¬† kartu ini melalui sekolah-sekolah dan kemudian disampaikan ke Dinas Dikbud untuk diteruskan ke Dinas Dukcapil guna proses pembuatannya.

Kerjasama dengan Dispendikbud ini kata Muhtar, akan mewajibkan kepada setiap siswa untuk mengurus kartu ini, apalagi tidak lama lagi akan masuk tahun ajaran baru, dan salah satu persyaratannya adalah setiap siswa harus punya KIA.

“Jadi kami bekerjasama dengan Dispendikbud agar supaya pada penerimaan siswa baru diwajibkan untuk para siswa memiliki KIA ini, sebagai persyaratan untuk masuk tahun ajaran baru” Tutur Muhtar

Adapun persyaratan pengurusan KIA ini, lanjut Muhtar, cukup dengan fotocopy akta kelahiran dan foto copy Kartu Keluarga. Bagi anak yg berusia diatas 5 tahun disertai dengan phasfoto. Sedangkan untuk pengajuan bisa juga dilakukan secara online melalui aplikasi “LINE Disdukcapil” atau melalui website dgn alamat www.disdukcapil-gorontalokab.online

Lebih lanjut kata Muhtar, untuk kedepannya mereka akan bekerjasama dengan Kementrian Agama (Kemenag) untuk program KIA bagi Raudatul Atfal, MI, MTS dan Aliyah. Hal itu dilakukan agar semua anak sekolah di Kabupaten Gorontalo bisa memiliki KIA.

“Kedepan kamipun akan menjajaki kerjasama dengan Kemenag agar anak-anak madrasah baik yg di Raudatul Atfal, MI dan MTS serta Aliyah agar bisa juga melaksanakan program SASKIA. Dengan demikian maka seluruh anak di Kabupaten Gorontalo akan memiliki kartu identitas anak (KIA)” Tutup Muhtar. (Iyal)

Be Sociable, Share!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close
%d bloggers like this: