GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALOKESEHATAN

Sekda Kabgor Harap Penurunan Stanting Capai 0%

LIMBOTO, sulutGO — Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Hadijah U Tayeb hari ini, selasa (30/06/2020) melakukan evaluasi terkait penanganan stanting di daerah tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tersebut dihadiri oleh sepuluh desa yang masih memiliki masalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, atau biasa disebut stanting.

Pada kesempatan itu, Hadijah menuturkan bahwa stanting di Kabupaten Gorontalo sangat tinggi, terlebih khusus pada tahun kemarin, dan turun hingga 75%, dan pada saat ini tinggal 10,7%.

“Pada tahun kemarin angka stanting dikita itu sangat tinggi, alhamdulilah turun 75%, dan sekarang tinggal 10,7%” Ungkap Hadijah

Ia berharap dengan penurunan ini dapat terus berlangsung, tidak hanya berhenti sampai di 10% tapi sampai 0%.

“Kita berharap ini bisa turun lagi, semoga bisa sampai titik nol” Tutur Hadijah

ia juga mengatakan, hal ini dapat terwujud jika semua pihak dapat bekerjasama antara kependudukan, Kb, bidang kesehatan dan puskesmas dan seluruh masyarakat. Ia melanjutkan, hal yang paling penting adalah merubah perilaku dari kebiasaan, kemudian memahami kandungan gizi yang dikonsumsi oleh ibu maupun balita itu sendiri.

Selain itu kata dia, kebiasaan hidup saat adalah penunjang dari itu semua, memperhatikan kebersihan lingkungan dan membiasakan diri mengkonsumsi tanaman obat dan sayuran.

“Kebiasaan hidup sehat itu yang akan menunjang itu semua. Kebiasaan hidup sehat itu tidak harus yang mahal, kita memanfaatkan lingkungan, memperbanyak tanaman sayuran dan obat adalah salah satu contoh hidup sehat” Tutup Hadijah. (Iyal)

Be Sociable, Share!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close
%d bloggers like this: