GORONTALOHEADLINESKAB. GORONTALONASIONAL

Pacu Pembangunan di Daerah, Bupati Nelson Gencar Lobi Anggaran di Pusat

LIMBOTO, sulutGO– Sejak awal memimpin Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo tak pernah surut melakukan lobi anggaran di pusat demi percepatan pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

Dirinya seakan tak pernah capek melobi anggaran baik itu di Kementerian maupun kepada investor.

Kunjungan kerjanya ke Jakarta baru-baru ini, benar-benar dimanfaatkan Bupati Nelson untuk mendapatkan kucuran dana dari pusat demi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo itu sendiri.

Karena itu, di awal tahun 2020 Nelson kembali menemui sejumlah menteri dan investor. Hasilnya pun beroleh apresiasi dan dukungan penuh keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

Nelson Pomalingo menerangkan, kunjungannya di Jakarta selama dua hari dimanfaatkan untuk menemui para menteri dan investor untuk menyodorkan berbagai harapan masyarakat Kabupaten Gorontalo.

Hari pertama, jata Nelson, dirinya menemui Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora), Menteri Bappenas dan satu Investor. Hari kedua, ia menemui Wakil Menteri PUPR dan Kepala Staf Kepresidenan Jendral Moeldoko.

Saat bertemu dengan menteri pemuda dan olah raga Zainudin Amali, dirinya bicara dua hal.

“Pertama, beliau, Pak Zainuddin Amali sebagai orang Gorontalo, lahir di Gorontalo bahkan leluhurnya di Gorontalo dan saya mengundang beliau pasca dilantiknya sebagai menteri. Saya sampaikan bahwa tahun ini adalah tahun emas bagi Gorontalo karena banyak orang-orang hebat sukses menjadi menteri, di parlemen sebagai Anggota DPD, DPR RI dan jabatannya startegis semua,” kata Nelson.

Kedua, kata Nelson, bertepatan dua dekade pembentukan Provinsi Gorontalo sehingga dirinya mengundang langsung Menteri Bappenas menjadi Inspektur upacara.

“Dan beliau, Pak Zainuddin Amali siap,” ungkap Nelson.

Ketiga, lanjutnya, bicara soal pengembangan olah raga dan fasilitasnya di daerah ini. Dimana Nelson mengajukan program pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Jangka menengah kita mengajukan pengembangan lapangan olah raga 23 Januari, lapangan sport center dan pengembangan sirkuit di Bongohulawa,” jelas Nelson.

Jangka panjangnya, beber Nelson, pembangunan sarana olahraga terpadu di desa Haya-haya dan menyiapkan lahan.

“Sehingga suatu saat, kalau bisa kita dapat menjadi tuan rumah PON, namun tidak sekedar itu kedepan Gorontalo melahirkan atlet dikenal prestasinya baik Nasional maupun Internasional,” tuturnya.

“Kemudian melahirkan banyak orang Gorontalo sehat. Karena kalau banyak sarana olah raga menjadi media masyarakat menuju sehat,” ungkap Nelson.

Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, kunjungan ke Kementerian Bappenas, diimana pemerintah mengusulkan sejumlah program proyek stategis. Yakni soal danau, geopark, kawasan industri, pelabuhan bilato dan lain-lain untuk dimasukan di RPJMN.

Kemudian, dirinya juga menyambangi rumah kediaman jendral Moeldoko kepala staf kepresisdenan. Disini dirinya menyampaikan berencana akan mengundang presiden dan ini juga akan dikoordinasikan melalui Gubernur Gorontalo melakukan kolaborasi.

Mengundang presiden itu, Kata Nelson pertama, terkait eksport manggata atau gingsengnya Gorontalo.

“Karena dieksport di 54 negara yang omsetnya kurang lebih 250 juta US$. Oleh PT Harvest Gorontalo Indonesia dan itu ekport perdana pada bulan April,” tutur Nelson.

Kedua, alasannya mengundang presiden karena Pemerintah Kabuaten Gorontalo berencana melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah komunitas 1.500 unit.

“Ketiga, saya ingin presiden meresmikan taman budaya limboto dan ini tiga bulan kedepan digenjot pembenahannya sekaligus ada pertemuan raja-raja se Nusantara,” tukas Nelson sambil mengatakan di acara ekport manggata itu akan ada acara diskusi forum Investasi.

“Jadi para pengusaha-pengusaha kita undang di Gorontalo dan untuk memantapkan itu kita koordinasikan dengan Pak Gubernur Rusli Habibie dan kita akan bentuk panitia khusus,” sambungnya.

Kemudian untuk pertemuan dengan wakil Menteri PU, karena Menteri PU ditugaskan untuk mengembangkan infrastruktur di Indonesia timur. Jadi Bupati Nelson memanfaatkan kesempan itu dan menyampaikan beberapa usulan yang sudah disampaikan melalui Bappenas.

“Beliau pak wamen siap untuk bicara Balai sungai, balai jalan balai perumahan dan sebagainya sehingga kedepan benar-benar terencana dengan baik,” kata Nelson lagi.

Bahkan, tuturnya, saat bertemu dengan wakil menteri PU dirinya menyodorkan ketambahan rusunawa dan perumahan komunitas khusus untuk masyarakat Kabupaten Gorontalo.

“Ini juga mendapat respon baik dan Insya allah akan ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Dikahir penyampaiannya, Bupati Nelson menyampaikan pertemuan dengan Investor PT Harvest Gorontalo Indonesia yang berkeinginan membangun waterboom dan hotel berbintang di pentadio resort.

“Akan ada waterboom dan hotel berbintang dilokasi pensort melalui penjajakan kerjasama dengan PT Harvest dan ini yang terus lakukan untuk membuka ruang bagi investor demi percepatan pembangunan di Kabupaten Gorontalo guna peningkatan pendapatan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Nelson. (If)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close