BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESPENDIDIKANSULAWESI UTARA

Dinas Dikbud Bolmut Gelar Festival Budaya Palelat

BOLMUT,sulutGO-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Menggelar Festival Budaya Palelat dengan tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H Kita Aktualisasi Suri Tauladan Rasulullah SAW Dalam Kehidupan Yang Berbudaya Menuju Bolmut Mandiri, Religius, dan Sejahtera”.

Peserta terdiri dari utusan SKPD dan Pemerintah Kecamatan se Kabupaten Bolmut, Masyarakat, Pelaku Seni dan Budaya serta Siswa SD, SMP dan SMA sederajat bertempat di Lapangan Kembar Boroko, Jum’at (1/12).

Bupati Bolmut melalui Sekretaris Daerah Asripan Nani, M.Si saat membacakan sambutan tertulis Bupati mengungkapkan bahwa menyambut baik dan mengapresiasi terhadap kegiatan ini.

“Saya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini semoga kegiatan ini berjalan dengan baik, sebagai ungkapan kehormatan dan kecintaan kita yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW yang di balut dengan budaya dan dapat melestarikan budaya daerah dalam nuansa religi”, ungkap Asripan 

Lanjutnya, begitu banyak nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat yang patut kita lestarikan, untuk membangun identitas daerah serta dapat meningkatkan pemahaman falsafah budaya daerah.

“Dengan kegiatan Palelat ini menjadi salah satu media yang tepat untuk melestarikan tradisi budaya Bolaang Mongondow Utara sebab budaya pelelat merupakan tradisi masyarakat Bolmut”, terang Pria Berkaca mata tersebut

Iapun menambahkan dalam kegiatan ini masyarakat menyajikan berbagai jenis hidangan yang merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Jenis hidangan mulai dari kue-kue tradisional, makanan hasil pertanian dan hasil laut sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, harus dilestarikan karena kental dengan nuansa budaya dan religi”, Tutur Papa Fikri Sapan Akrab 

Ia berharap kegiatan ini merupakan momentum daerah untuk memantapkan eksistensi Bolmut sebagai daerah pariwisata.

“Melalui momentum ini mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi, persaudaraan dan kekeluargaan ciptakanlah suasana keakraban dan kedamaian di antara kita tanpa perbedaan, bangun Bolmut dengan rasa cinta terhadap seni budaya, adat istiadat, tradisi yang telah menjadi kebanggaan daerah ini sejalan dengan misi pemerintah daerah meningkatkan harmonisasi kehidupan antara umat beragama dan kesadaran hukum, serta meningkatkan ketahanan budaya lokal”, tutupnya. (Dolvin)

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close