HEADLINESKESEHATANNASIONAL

Wapres Ungkap Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Penerapan New Normal

NASIONAL,sulutGO–Pemerintah tengah mengkaji penerapan new normal atau kenormalan baru saat ini. Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam webinar yang diselenggarakan UIN Malang, Kamis (4/6), menyebut pemberlakuan new normal ini bisa dilakukan bila persyaratan yang ada sudah dipenuhi.

“Upaya ini adalah untuk mempersiapkan masyarakat menuju tatanan baru yang aman Covid-19 namun tetap produktif. Hal ini juga dilakukan untuk mendorong pergerakan ekonomi , termasuk ekonomi syariah. Pemberlakuan tatanan baru dan mengakhiri pelaksanaan PSBB dilakukan bila prasyarat yang ditetapkan WHO sudah terpenuhi,” ujar Maruf seperti yang di kutip dalam kontan.co.id

Dia menyebut, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah penularan virus sudah terkendali, ini ditunjukkan dengan penyebaran rasio penyebaran di satu wilayah di bawah 1 dalam 2 minggu berturut-turut.

Syarat berikutnya, adalah tersedianya layanan dan sistem kesehatan untuk menangani kasus Covid-19.

Selanjutnya, adanya kemampuan dalam melakukan pelacakan yang ditandai dengan kecukupan jumlah pelaksanaan pemeriksaan.

Menurut Maruf, pelaksanaan new normal ini pun harus diikuti dengan perubahan perilaku masyarakat, dimana dilaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap kegiatan sosial dan ekonomi, termasuk termasuk kewajiban memakai masker, physical distancing, serta selalu mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup sehat.

“Pelaksanaan tatanan hidup baru juga dilakukan secara bertahap, pelaku ekonomi termasuk ekonomi syariah dapat menyesuaikan diri dengan tahapan tersebut,” katanya.

Menurut dia, kegiatan yang akan dibuka terlebih dahulu adalah yang berkaitan dengan usaha makanan dan minuman, tetapi dibuka secara terbatas. Setelah itu, diikuti oleh kegiatan ekonomi berskala besar seperti pusat perbelanjaan.

Adapun, di tengah Covid-19 ini, Maruf mengatakan pemerintah lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Karenanya, dia menyebut pemerintah mengutamakan pemutusan penyebaran virus, meningkatkan pelayanan medis, membangun mekanisme untuk melacak masyarakat yang terpapar Covid-19, menerapkan protokol kesehatan disiplin juga memberikan jaring pengaman sosial serta memberikan beragam stimulus.(*)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close