BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESHUKUM & KRIMINALSULAWESI UTARA

Polsek Urban Kaidipang Menangkap Empat Orang Diduga Pelaku Pencurian

BOLMUT, sulutGO – Kepolisian Sektor (Polsek) Urban Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menangkap empat orang diduga pelaku pencurian dengan modus ataupun spesialis membongkar pintu Warung dan Tokoh di Wilayah Kecamatan Kaidipang.

Pelaku pencurian ini, melakukan aksinya sejak awal Oktober 2019 sebanyak sembilan kali di delapan tempat, yakni warung di desa Kuala Utara, warung di desa Boroko, Toko Bangunan di desa Kuala, warung di desa Boroko Timur serta warung di desa Bigo.

Keempat pelaku berhasil diamankan oleh Team Polsek Urban Kaidipang yang terdiri Panit II Bripka Rian Pioh, Bripka Saiful Mihdar dan Briptu I Wayan S. Adnyana, pada hari Minggu (12/1) sekitar pukul 10.00 wita di rumah kediaman masing-masing pelaku.

“Keempat pelaku yang kami tangkap yaitu DSP (19) warga Desa Kuala, sementara ED (16), PT (20), dan RI (14) warga Desa Bigo,” Kata Panit II Bripka Rian Pioh pada media sulutgoonline.com di ruang kerjanya, Minggu (12/01/2020).

Ia menjelaskan, mereka ini sudah sangat meresahkan warga sekitar terutama pelaku utama DSP dan ED yang sudah banyak kali melakukan aksi pencurian sejak tiga bulan lalu. Sementara, pelaku PT dan RI hanya satu kali melakukan aksi.

“Dua minggu lalu kami sudah mengintai si pelaku DSP ini, tadi malam ada informasi mereka sedang minum-minum keras dan membawa rokok. Tadi pagi, torang langsung lakukan penangkapan,” Jelas Bripka Rian.

Dikatakannya, pelaku di tangkap di rumah masing-masing dan langsung dilakukan pemeriksaan. Terungkap dari empat pelaku tersebut dua diantaranya pelaku utama sedangkan duanya lagi bertindak sebagai pengendara sepeda motor saat melakukan aksi.

BACA JUGA:  Rapat Bersama Kontraktor, Nelson : Kepercayaan Adalah Kunci Utama Pembangunan

“Ditangkap pertama, DSP, lalu ED, kemudian PT dan RI. Dari keempat pelaku ini ada peran masing-masing, DSP dan ED berperan di delapan TKP dengan cara membongkar atau merusak gembok pintu Warung,” Katanya.

Rian mengungkapkan, bahwa bukti yang berhasil disita yakni 3 (tiga) tabung gas ukuran 3 KG serta puluhan bungkus Rokok. Sedangkan uang, handbody dan minuman beralkohol hasil curian sudah habis digunakan.

“Ada sekitar puluhan bungkus Rokok, sebilan tabung gas elpiji, uang kurang lebih 2 jutaan. Mereka lakukan aksi di tengah malam dimana cara mereka membongkar atau merusak gembok warung,” Tutur Rian.

Menurut Rian, akibat perbuatan para pelaku tersebut dijerat Pasal 363 KUHP pidana dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun. Sedangkan pelaku lainnya dibawah umur, untuk itu pihak kepolisian masih akan melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bolmut.

“Pasal 363 KUHP, ayat 1, poin ke 3 dan ke 4 pencurian pada malam hari lebih dari satu orang dengan cara membongkar atau merusak dengan ancaman penjara 7 tahun untuk dua pelaku. Karena ini ada pelaku dibawah umur, maka kita berkoorsinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Manado” Tegasnya. 

Saat ini, lanjutnya, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan secara intensif kepada keempat pelaku, untuk mengetahui apakah masih tempat kejadian perkara (TKP) lain yang menjadi korban mereka.

“Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya warga wilayah Kecamatan Kaidipang, apabila pernah menjadi korban pencurian di rumahnya bisa langsung mendatangi Polsek Urban Kaidipang untuk kita konfrontir kepada para pelaku,” Imbaunya.(*)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Close
%d bloggers like this: