HEADLINESLEGISLATORMANADOPENDIDIKANSOSIAL POLITIK

Jadi Peserta di Diseminasi Peta Guru se Sulut, Ini Yang Disampaikan Budi Setiawan

MANADO, sulutGO – Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Budi Setiawan Kohongia meminta kepada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuat ‘Sistem Informasi Geografi Mutu Pendidikan agar semua sektor bisa melihat Raport Mutu Pendidikan yang ada ditiap sekolah.

Penegasan itu, disampaikan Budi S. Kohongia saat hadir sebagai peserta pada Kegiatan Diseminasi Peta Mutu Pendidikan di Provinsi Sulut, yang dilaksanakan oleh LPMP Sulut, bertempat di Hotel Grand Whiz, Manado, sejak Sabtu (07/12) sampai Minggu (08/12/2019).

Pada kesempatan itu juga dirinya diminta untuk menyampaikan pesan dan kesan

“Ditengah kemajuan teknologi ini, LPMP Provinsi Sulut dapat membuat ‘Sistem Informasi Geografi Mutu Pendidikan se- Sulawesi Utara’ agar semua sektor bisa melihat raport mutu pendidikan yang ada ditiap sekolah,” ungkap Kohongia.

Selain itu, mewakili peserta dirinya juga berharap, seluruh “Stakeholder” terkait (pengambil kebijakan di bidang pendidikan) agar dapat melaksanakan Rencana Tindak Lanjut yang dibuat dalam kegiatan ini.

“Karena, dari data mutu yang disampaikan, masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan agar mutu pendidikan kita bisa mencapai ‘Standar Nasional Pendidikan (SNP),” ujar Budi.

Dicontohkannya, di Kabupaten Bolmut sendiri, mutu pendidikan masih rendah karena terdapat beberapa faktor penyebabnya.

“Belum adanya pustakawan ditiap sekolah, belum adanya tenaga akuntansi ditiap sekolah, masih banyak sekolah yang belum memiliki ruang guru, ruang kepsek dan bangunan bangunan penunjang lainnya, sesuai SNP,” Paparnya

Tambah Kohongia, di Tahun 2019 seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) di wilayah Bolmut yang harus sudah mengikuti tahapan untuk memiliki ‘Sertifikat Kepsek’.

“Kabar baiknya, kemarin para calon Kepsek dan Kepsek di Bolmut baru selesai melaksanakan tes untuk mendapatkan Sertifikat Kepsek tersebut. Semoga dengan hal tersebut mutu pendidikan kita bisa naik dari tahun ini,” Imbuhnya.

Pantuan sulutGO, apa yang di sampaikan Budi langsung mendapatkan tanggapan positif dari kepala LPMP Sulut yang berjanji ditahun 2020 langsung akan mengupayakan pembuatan sistem informasi tersebut. (*/dr) 

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close