ADVETORIALGORONTALOHEADLINESKAMPUSPENDIDIKANSOSIAL POLITIK

LSP-UG Diharapkan Mampu Tingkatkan Kualitas dan Nilai Jual Alumni

KAMPUS, sulutGO– Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Duluwo Lo Pohala’a (YPLDP) Gorontalo Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH mengaku bersyukur atas telah dikukuhkannya pengurus dan asesor LSP UG.

Seperti diketahui, dalam komposisi pengurus LSP UG, Jamal diangkat sebagai pengarah.

Menurut Jamal, dengan telah dikukuhkannya pengurus dan asesor, itu berarti LSP UG sudah 100 persen siap beroperasi, dan didirikannya LSP di UG tentu mempunyai tujuan yang sangat spesifik.

“Jadi yang pertama, bahwa kita berharap LSP ini bisa mendorong lahirnya lulusan yang memiliki kompetensi diberbagai bidang ilmu program studi yang ada di kampus ini, yang dapat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi,” ujar Jamal

Nantinya, lanjut kata Jamal, sertifikat kompetensi ini adalah sebagai pendamping ijazah.

Jadi, SKPI nanti mulai tahun depan itu pendampingnya adalah sertifikat kompetensi.

“Dengan begitu, kompetensi bukan lagi sertifikat yang biasanya kita bikin sebagai pengakuan dari kita, tapi sertifikasi profesi yang diberikan kepada mahasiswa ini memberikan jaminan bahwa lulusan kita, siap untuk masuk kedalam dunia kerja,” terangnya.

Disamping itu, tujuan dibentuknya LSP ini, juga untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual dari alumni UG.

Artinya, dengan sertifikat kompetensi yang mereka punya mereka bisa masuk sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki dan dengan sertifikat itu pasti dia akan mendapatkan nilai tambah.

“Nilai tambahnya apa, mungkin dia menjadi prioritas untuk diterima di dunia kerja dibandingkan dengan lulusan sarjana yang hanya berbekal ijazah,” tutur Jamal.

Dengan harapan, LSP UG bisa menjamin proses pendidikan yang dijalankan di UG dalam rangka menyiapkan peserta didik sebagai orang yang siap masuk di dunia kerja, baik bekerja kepada orang lain ataupun sebagai pencipta lapangan kerja.

“Jadi, itu memang yang menjadi tujuan kami mendirikan LSP ini. Dimana, kita berharap dengan dilantiknya pengurus dan dikukuhkannya asesor untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa yang saat ini duduk di semester 3, 5, dan 7. Jika mereka sudah memenuhi syarat untuk bisa ikut ujian sertifikat kompetensi, kita jaring mereka. Untuk tahap awal ini, kita akan laksanakan untuk 100 mahasiswa di 14 program studi yang akan kita inputkan untuk ujian sertifikasi dengan sembilan skema,” tandasnya. (hmsug)

Be Sociable, Share!
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close