BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL POLITIKSULAWESI UTARA

Terkait Perizinan Rumah Walet, DPMPTSP: Kita Terbentur Masalah Regulasi

BOLMUT, sulutGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sejauh ini belum menerbitkan izin pembangunan rumah atau sarang burung walet.  Hal ini justru dimanfaatkan pelaku usaha untuk membangun sarang walet. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bolmut, Abdul Haris Bangko, SH, mengatakan tidak ada satupun izin rumah walet yang diterbitkan, sebab belum ada aturan.

“Bangunan sarang burung walet berlaku khusus. Sampai saat ini juga belum ada regulasi tentang bangunan sarang burung walet,” Ungkap Haris Bangko pada wartawan sulutgoonline.com, Jumat (14/02/2020).

Ia mengaku, dalam pengawasan bangunan, hampir semua bangunan rumah walet yang mendapat teguran.

“Kami sudah turun ke lapangan sekedar menghimbau, tapi untuk melaksanakan langka-langkah lain belum karena ada regulasi, status bangunan di atur khusus dia tidak seperti di atur seperti rumah tinggal,” Jelasnya.

Ditambahkan, Haris, pihaknya juga kesulitan dalam penertiban bangunan rumah walet khususnya yang berada di wilayah Ibu Kota.

“Lagi-lagi kami terbentur dgn regulasi sebagai payung Hukum,” Imbuhnya.

Terpisah, Komisi III DPRD Bolmut, Suriansyah Korompot, SH mengungkapkan tahun ini DPRD sudah mempersiapkan rancangan peraturan daerah tentang bangunan rumah walet.

“Insya Allah, ini yang akan jadi salah satu  Ranperda inisiatif DPRD,” Singkatnya.

Be Sociable, Share!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close